Sabtu, Maret 27, 2010

mungkin g' sih...

·

manusia adalah makhluk berbicara. manusia memiliki cara tersendiri untuk berinteraksi (entah dengan teman, orang tua, kakek nenek, abang ade mpo'.. majikan, pembantu kekasih ataupun selingkuhanya..hmm, komunikasi'e bisa dilakukan melalui bahasa verbal (aku, kamu, dia, dll), bahasa tubuh (masukin jari keidung tanda'e "ngupil", nutupin tangan keidung berarti "bau", garuk2 badan berarti " blom mandi "..hehe) ataupun bahasa-bahasa isyarat (ky anak pramuka yaa..)...betul tidak'??

bahasa selain media untuk berkomunikasi juga bisa dijadikan identitas, baik untuk suatu golongan, bangsa, suku maupun ras. qta bisa mengidentifikasi seseorang dari cara dan logat'e ia berbicara...orang medan dengan cengkok khas'e, orang madura dengan pengulangan bahasa'e, orang ambon dengan kecepatan tempo'e...dll..(ni bkn rasis ya..pi ni fakta yang bisa dijadikan kebanggan tersendiri bagi kita..yoi..yoi...) ...bahasa juga bisa menjadi karya, adanya puisi (baik itu puisi melankolis, narsis, gombal, religi, dll), syair, bahkan lagu2 karang tercipta karna bahasa..

apakah bahasa hanya punya manusia, bagaimana dengan makhluk hidup lainya???apakah mereka juga berbicara???apakah hewan dan tumbuhan bebicara????ayoo sapa yg bisa jawab...

kalo gw dikasih pertanyaan kaya gini gw juga bingung ngejawab'e...pertama selain mang jarang baca buku gw juga g' pernah menyelam didunia mereka..hehe...mungkin klo tarzan dikasih pertanyaan kaya gini dia akan langsung jawab panjang lebar dengan semangat pengalaman'e x yaa ...auu...wooo...

gw emang ga' bisa jawab..tapi gw bs nge-andai-andai ja semisalnya hewan dan tumbuhan berkomunikasi dan mereka punya akun masing-masing difacebook (maklum sekarang kan gi booming2'e ginian nih..hehe)...mungkin distatus mereka akan seperti ini:...

Kucing: "hati2 dunkk klo naek motor..untung aja gw g ketabrak...huft"
anjing: "btw gw naroh tulang dimn yachhh..."
burung: "dasar lu manusia, sarang gw maen embat2 ja.."
pohon pisang: "" jahhh ni bocah..putus ma cwe'e gw yg dihajar.."
kebo: "gw sih ngikut ja..."
kodok: "mendung datang lagi setelah hangat sebentar"
nyamuk: "kapan nih qta party lgi.."
monyet: "kurang cakep gmn sih gw, ampe tega2'e lu nolak cinta gw.."
beruang: "falling in love, beginii ya klo rasanya jatuh cinta...yummyy.."
eceng gondok: "banjir lgi...banjir lgi.."
pohon rambutan: "panas beutt ciii...global warming nii"
pohon kelapa: "susah bnget jdi bijak..semakin tinggi semakin kenceng angin'e.."
semut: "ya Tuhan kuatkanlah hambamu...dgn segala cobaan ini.."

ni cuman pengandaian ja loo' jgn dibikin serius key...hehe..

0 komentar:


Atman by @te. Supported by Ghatet