Rabu, Januari 14, 2009

Speleologi

·

Speleologi berasal dari bahasa latin yang terdiri dari dua suku kata, yaitu spelaion yang berarti goa, dan logos yang berarti ilmu. Sehingga dapat diartikan bahwa speleologi adalah ilmu yang mempelajari tentang segala aspek yang berhubungan dengan goa serta lingkungannya, baik fisik maupun biologis.
Di Indonesia speleologi baru ada pada pertengahan dekade 70-an. Di perkenalkan oleh Robby Ko King Tjoen DV melelui media massa. Tahun 1979 bersama Norman Edwin (Alm) mendirikan SPECAVINA club caving pertama di Indonesia. Setelah bubar awal dekade 80-an maka pada tanggal 23 mei 1983 Robby mendirikan HIKESPI (Himpunan Kegiatan Speleologi Indonesia) yang mendapat pengakuan International. Sedang Norman Edwin mendirikan club “Garba Bumi”.
Pada saat inilah banyak bermunculan club-club speleologi di Indonesia seperti; ASC yang berdiri pada tanggal 1 januari 1984, SSS – Surabaya, DSC – Bali, SCALA – Malang dll.
Binatang hidup di dalam goa dapat diklasifikasikan menjadi 3 golongan menurut derajat ketergantungan binatang tersebut terhadap kondisi goa, yaitu :
1.Troloxenis (Cave Visitor)
Trogloxenis adalah binatang yang hidup di dalam goa yang sifatnya hanya sebagai pendatang saja. Misalnya : kupu-kupu, udang-udangan, kelelawar dan lain sebagainya.
2. Troglophiles (Cave Guest)
Troglophiles adalah binatang yang mencintai goa dan sifatnya juga hanya sebagai tamu akan tetapi selamanya hidup di dalam kegelapan. Misalnya : salamander, cacing, crustachea, kupu-kupu, dan binatang yang pigmennya sudah berkurang. Binatang dari kedua golongan ini biasanya hidup dan tersebar di mulut goa.
3.Troglobites (Cave Dweeler)
Troglobiter adalah binatang yang hidupnya menetap di dalam goa dan biasanya tidak memiliki mata atau dapat dikatakan buta. Misalnya : Ikan goa, insecta seperti jangkrik yang memiliki badan lebih panjang dari jenisnya, dan binatang parasit kutu-kutu yang dibawa masuk oleh kelelawar. Golongan binatang ini hidup di kedalaman goa.
referensi:
Diktat Caving KPA Arkadia

0 komentar:


Atman by @te. Supported by Ghatet